Penyakit Degeneratif, Pahami Jenis dan Penyebabnya


Kesehatan itu mahal, namun sakit bisa jadi lebih mahal. Ungkapan barusan pasti sering atau setidaknya pernah Anda dengar. Ada benarnya jika kita melihat fakta mahalnya biaya pengobatan saat ini, khususnya untuk menangani berbagai jenis penyakit degeneratif. Apakah penyakit degeneratif itu? Penyakit degeneratif adalah kondisi atau penyakit yang terjadi ketika organ atau jaringan tertentu keadaannya terus menurun seiring berjalannya waktu. Lebih parahnya, organ dan jaringan tersebut mengalami kerusakan di mana kerusakan tersebut bersifat kronis (mengalami penghancuran).

Jenis-jenis Penyakit Degeneratif
Berikut ini beberapa jenis penyakit degeneratif yang seringkali dialami, terutama untuk kategori usia dewasa hingga lansia. Sejatinya ada banyak penyakit yang bisa digolongkan sebagai penyakit degeneratif, namun empat penyakit di bawah ini termasuk yang paling sering terjadi:

1. Kanker
Hingga kini, kanker adalah penyakit yang masih belum ditemukan obatnya. Ironisnya, penyakit yang satu ini termasuk salah satu yang paling banyak merenggut nyawa manusia. Penyakit ini sendiri terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan tubuh yang sehat. Secara umum, hal itu bisa terjadi karena adanya mutasi (perubahan) gen dalam sel. Hal-hal yang memicu terjadinya mutasi gen antara lain kebiasaan merokok, jarang berolahraga, virus, paparan radiasi, kontaminasi bahan kimia, hormon, peradagangan bersifat kronis hingga obesitas.

2. Penyakit Jantung
Selain kanker, serangan jantung atau yang juga sering disebut kardiovaskuler juga jadi salah satu penyakit degeneratif yang banyak terjadi di masyarakat. Serangan jantung umumnya dipicu oleh penyumbatan pada pembuluh darah, gangguan irama jantung, cacat jantung bawaan atau berbagai kondisi jantung lainnya. Penyakit ini juga tidak ada obatnya. Beragam jenis penindakan yang bisa dilakukan hanya bersifat mencegah atau menringankan gejala sakit yang timbul. Dalam beberapa kasus, operasi dibutuhkan untuk meredakan serangan ini. Alternatifnya antara lain menggunakan alat pacu jantung, membuka pembuluh darah yang tersumbat hingga memperbaiki katup.

3. Diabetes
Penyakit berikutnya adalah diabetes. Terdiri dari berbagai jenis atau tipe, diabetes yang paling banyak dialami adalah diabetes tipe 2 atau yang populer dengan istilah penyakit kencing manis. Meski sekilas terlihat tidak terlalu parah, kencing manis jika dibiarkan tanpa pengobatan bisa memicu terjadinya kerusakan organ tubuh sebut saja ginjal, saraf, hati atau mata. Pada umumnya, diabetes tipe 2 juga disebabkan oleh gaya atau pola hidup yang buruk atau tidak sehat. Selain jarang berolahraga, konsumsi makanan manis alias yang mengandung kadar gula tinggi jadi faktor utama yang memicu timbulnya diabetes tipe 2.

4. Osteoporosis
Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah salah satu penyakit bersifat degeneratif yang menyerang hanya bagian tulang manusia. Meski begitu, penyakit yang satu ini bisa sangat menyulitkan dan menyakitkan untuk penderitanya. Bahayanya, penyakit yang satu ini memiliki gejala yang tergolong samar. Pengeroposan tulang disebabkan oleh kerusakan jaringan tulang yang terjadi lebih cepat ketimbang produksi sel-sel tulang baru. Faktor penyebabnya antara lain gaya hidup yang malas bergerak, kalsium yang rendah, kurangnya hormon estrogen selama masa menopause hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Penyebab penyakit degeneratif adalah...
Penyakit-penyakit di atas sejatinya bisa Anda hindari jika mengetahui dengan baik apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Seperti sudah sedikit disinggung pada penjelasan tiap penyakit, hal utama yang menyebabkan munculnya penyakit degeneratif umumnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Cara menghindarinya? Tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Gaya dan pola hidup sehat bisa Anda terapkan dengan rajin berolahraga, menjaga istirahat cukup dan tentunya mengonsumsi makanan sehat. Imbangi pula konsumsi makanan sehat dengan vitamin atau suplemen pendukung. Menangkal risiko penyakit degeneratif, Anda bisa mengonsumsi secara rutin paket 4 STAR Pack yang terdiri dari
- HDI Naturals Clover Honey,
- HDI Origins Royal Jelly,
- HDI Origins Pollenergy 520 dan
- HDI OriginsTM Bee Propolis.


(Klik Disini untuk mendownload Billionaires Education Center)


Referensi:
Jones, Chairmaine M. (2007). ScienceDirect. Degenerative Disease: an overview.